Layanan Catering Aqiqah Bantul Terbaik yang Direkomendasikan Warga Bantul

3 Pilihan Souvenir Aqiqah


3 Pilihan Souvenir Aqiqah



Aqiqah merupakan salah satu hal yang telah ditetapkan dalam syariat Islam. Aqiqah adalah sebuah ungkapan rasa syukur dengan menyembelih sebuah hewan sebagai tebusan. Apakah Anda sedang ingin melakukan aqiqah? Bingung dengan souvenir aqiqah yang akan diberikan?
Bila Anda adaah orang tua yang sedang berbahagia dengan kelahiran sang anak. Tapi Anda  ingin membuat acara aqiqah tapi bingung mencari souvenir aqiqah apa yang cocok untuk diberikan saat acara.

Anda tidak perlu khawatir, berikut ini adalah macam-macam souvenir aqiqah yang bisa Anda pilih, kira manakah yang cocok diberikan untuk orang-orang yang datang di acara aqiqah anak Anda.

Pengertian Aqiqah
Aqiqah dari segi bahasa artinya adalah memutus dan melubangi. Namun adapula ulama’ yang mengatakan bahwa aqiqah adalah nama bagi hewan yang akan disembelih. Dinamakan aqiqah sendiri disebabkan karena  leher hewan tersebut dipotong.

Selain dilihat dari segi bahasa, aqiqah sendiri bila dilihat makna aqiqah secara syari’at artinya adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. Hewan yang dimaksud adalah berupa kambing, bukan binatang ternak semacam ayam ataupun sapi.

Penyembelihan hewan berupa kambing ini adalah sebagai bukti rasa syukur orang tua kepada Allah SWT atas kelahiran bayinya. Berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW, ketentuan yang berlaku dalam hukum Islam, apabila bayi yang lahir adalah laki-laki maka aqiqahnya adalah dua ekor kambing.

Adapun jika bayi yang lahir adalah  perempuan, maka yang disembelih hanyalah satu ekor kambing saja. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Baginda Rasulillah SAW :

Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah telah menyuruh kita agar menyembelih aqiqah untuk seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan adalah satu ekor kambing”

Hukum Melaksanakan Aqiqah
Setelah mengetahui pengertian aqiqah, amak ada baiknya jika Anda mengetahui hukum aqiqah. Pelaksanaan aqiqah sendiri dilakukan sekali dalam seumur hidup. Adapun hukum untuk melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakad.
Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang aqiqah bagi anak yang baru lahir :

كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَسَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

Setiap bayi yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkanlah kambing untuknya pada hari ke tujuh ia lahir, dicukur dan diberilah ia nama”

Hadits di atas telah menunjukkan bahwa waktu penyembelihan aqiqah adalah pada hari ketujuh. Namun apabila pada hari ketujuh dari kelahiran sang bayi tersebut telah terlewat maka ada sebagian ulama yang membolehkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari keempat belas.
Lalu apabila di hari ke-empat belas juga luput, maka bisa dilakukan pada hari ke dua pulu satu.


3 Souvenir Aqiqah

Nah, bagi Anda yang ingin melaksanakan aqiqah, selain memikirkan syarat berupa kambing yang akan disembelih, Anda pasti juga bingung bukan memilih souvenir aqiqah yang sekiranya tepat untuk diberikan?

Berikut adalah macam-macam souvenir yang bisa diberikan saat acara aqiqah :

1.      Mug
Memberikan mug yang berisi foto anak Anda sangat cocok diberikan kepada hadirin yang datang di acara aqiqah anak Anda.

2.      Tasbih
Memberikan tasbih juga sangat bermanfaat, dengan tasbih tersebut diharapkan bisa membuat hadirin senantiasa mau berdzikir.

3.      Risalah Doa-doa
Risalah atau semacam handbook yang berisi doa-doa atau hadits-hadits tentang aqiqah juga merupakan pilihan yang sangat tepat dan dijamin akan memberikan banyak manfaat.

Demikianlah ulasan mengenai 3 macam souvenir aqiqah yang bisa diberikan saat acara aqiqah anak Anda. Selamat memilih.


Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas


Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Tag : Artikel
Back To Top