AQIQAH BANTUL AL-KAUTSAR

Layanan Catering Aqiqah Bantul Terbaik yang Direkomendasikan Warga Bantul

Beberapa Manfaat Ibadah Aqiqah

Beberapa Manfaat Ibadah Aqiqah 




Setiap ibadah yang disyariatkan oleh Allah SWT, disadari atau tidak pasti mempunyai manfaat dan hikmah yang besar bagi umat. Jika Anda akan melaksanakan sunnah Rasulullah berupa aqiqah, maka simaklah faedah dan manfaat aqiqah yang akan diulas di artikel ini.

Ada banyak sekali manfaat aqiqah yang harus diketahui umat muslim. Salah satu manfaat aqiqah bagi anak, menurut Ibnu Qayyim, adalah sebagai sarana pendekatan diri kepada Allah SWT.

Siapapun yang melaksanakan aqiqah maka sebenarnya ia mengandung sifat murah hati dan sifat mengalahkan kikiran dalam jiwa. Sebab di dalam aqiqah, terdapat unsur memberi makanan kepada sanak keluarga.

Di mana artinya aqiqah juga berfungsi melepaskan tanggungan anak yang tergadaikan sehingga ada peluang antara anak dan orang tua untuk bisa saling memberi syafaat.

Hukum Melaksanakan Aqiqah

Pengertian aqiqah bila dilihat maknanya secara syari’at artinya adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. Hewan yang disembelih ialah berupa kambing, domba atau biri-biri.

Adapun pelaksanaan aqiqah sendiri dilakukan sekali dalam seumur hidup. Hukum untuk melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakad. Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang aqiqah bagi anak yang baru lahir :


كُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّيكُلُّ غُلاَمٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ تَذْ بَحُ عَنْهُ يَوْمَسَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُسَمَّى

“Setiap bayi yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkanlah kambing untuknya pada hari ke tujuh ia lahir, dicukur dan diberilah ia nama”

Hadits di atas menunjukkan bahwa waktu penyembelihan aqiqah adalah pada hari ketujuh. Namun apabila pada hari ketujuh dari kelahiran bayi tersebut terlewat maka ada sebagian ulama yang membolehkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari keempat belas. Dan apabila di hari ke-empat belas juga luput, maka bisa dilakukan pada hari ke dua puluh satu

Lalu apa saja sih manfaat aqiqah lainnya?

1. Menjaga Tradisi Islam

Aqiqah bermanfaat untuk melestarikan ajaran Islam atau menjaga tradisi Islam. Di mana aqiqah sendiri menggantikan kebiasaan jahiliyah yang ketika sang anak lahir dilumuri darah kambing.

2. Melestarikan Nasab

Aqiqah berfungsi untuk mengagungkan kedudukan nasab dengan cara mengumumkan nama bayi yang lahir.

3. Sarana untuk Ibadah

Aqiqah merupakan wujud pengorbanan seorang hamba dengan memberi tebusan untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah. Di mana aqiqah sendiri diniatkan atau ditujukan (pahalanya) untuk bayi yang baru lahir ke alam dunia.

4. Melepas Ikatan

Aqiqah adalah sebagai alat untuk melepas ikatan atau gadaian pada si bayi yang baru saja dilahirkan. Sebab seorang anak dalam keadaan terikat (tergadai) dengan aqiqahnya. Menurut Imam Ahmad, maksud dari kata tergadai adalah tertahannya syafaat yang ada pada sang anak untuk kedua orangtuanya.

5. Fidyah
Aqiqah merupakan fidyah atau tebusan untuk menebus si bayi, sebagaimana Allah SWT menebus Isma'il yang akan disembelih dengan seekor kambing yang sangat besar.

Nabi Muhammad mengatakan bahwa hewan yang disembelih untuk seorang bayi sufah sepatutnya bertujuan untuk ibadah, sebagimana halnya kurban dan hadyu (binatang yang disembelih oleh jamaah haji.

6. Sarana untuk Bersedekah

Aqiqah adalah kelanjutan dari kebaikan dan ketundukan seorang hamba sebab melakukan hal ini semenjak masa bayi. Aqiqah menunjukkan kemauan orang tua untuk berkorban di jalan Allah SWT sebagaimana yang telah dilakukan Nabi Ibrahim.

Seperti itulah 6 manfaat aqiqah yang bisa diulas. Ternyata melaksanakan aqiqah sangat memiliki banyak manfaat. Selamat melaksanakan ibadah Allah SWT.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik Aqiqah Al Kautsar.

Klik WA
Instagram: Aqiqah Al Kautsar

Telp (Phone/SMS/WA): 0274 530 7684 atau 0812 2234 6099

Telp/ SMS via XL Axiata 0819 3266 1699 
Telp/ SMS/ WA via Telkomsel 0812 2234 6099
 Telp/ SMS/ WA via Indosat 0858 68986 999

Alamat Kantor: Jl. Kaliurang Km 4,5 Tawangsari CT II D 2 Yogyakarta
Tag : Artikel
Back To Top