Layanan Catering Aqiqah Bantul Terbaik yang Direkomendasikan Warga Bantul

Tata Cara Pembagian Daging Aqiqah


Tata Cara Pembagian Daging Aqiqah




Apakah Anda akan melaksanakan acara aqiqah? Sudah mengundang banyak tamu untuk hadir tapi box makanan berisi olahan daging aqiqah masih tersisa banyak? Bingung ingin memberi ke siapa saja yang sekiranya berhak untuk bisa menerima pembagian daging aqiqah Anda?

Tidak  perlu khawatir, berikut adalah penjelasan mengenai orang-orang yang bisa menerima pembagian daging aqiqah Anda. Siapa sajakah orang-orang itu?


Pengertian Aqiqah
Pengertian aqiqah secara syara’ artinya adalah memotong kambing dalam rangka mensyukuri kelahiran sang anak. Aqiqah dilakukan pada hari ketujuh dari kelahiran anak tersebut.

Melaksanakan aqiqah merupakan sebuah pengamalan terhadap sunnah nabi. Selain itu aqiqah juga merupakan bukti bahwa seorang muslim mampu mengikuti tradisi umat Islam pada zaman dulu.
Sebab sebelum Islam datang, orang Arab juga telah memiliki tradisi mengaqiqahkan anak mereka. Hanya saja tradisi orang Arab pada masa Jahiliyyah dulu mau melakukan aqiqahhanya untuk bayi laki-laki saja.

Sementara cara orang Jahiliyyah mengaqiqahi bayinya pun dengan melumuri darah kambing pada bayi mereka. Lalu setelah Rasulullah SAW diutus, beliau tetap membiarkan tradisi aqiqah itu bahkan menganjurkan kaum muslim untuk melakukannya.

Hanya saja tradisinya diganti, sebagaimana hadits di bawah ini :

“Semua anak bayi akan tergadaikan dengan aqiqahnya pada hari ketujuh ia dilahirkan. Maka sembelihlah hewan (kambing), berilah nama dan cukur rambutnya.”

 [Hadis Riwayat Abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad]


Hukum Melaksanakan Aqiqah
Aqiqah menurut Islam sendiri hukumnya adalah sunnah mu’akadah. Adapun bagi orang tua yang dirasa mampu untuk melaksankannya, maka hukumnya menjadi wajib untuk melaksanakan aqiqah.
Untuk hukum mengenai waktu pelaksanaan aqiqah sendiri ada beberapa ulama’ yang berbeda pendapat. Ada ulama’ yang mengatakan bahwasannya aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh kelahiran sang anak.

Pelaksanaan aqiqah pada hari ketujuh anak lahir ini berdasarkan oleh sabda Rasulullah. Di mana berdasarkan sabda tersebut kemudian dijadikanlah sebagai dalil bagi orang yang berpendapat bahwa waktu aqiqah itu adanya pada hari ketujuh.

Apabila pada hari ketujuh tidak bisa, maka bisa dilaksanakan pada hari ke-empat belas. Namun jika pada hari ke-empat belas masih belu bisa maka masih bisa dilaksankanan pada hari ke-duapuluh satu.


Orang-orang yang Berhak Menerima Daging Aqiqah
Daging kambing selain disedekahkan ke orang-orang yang berhak juga bisa dimakan oleh keluarga yang melaksanakan aqiqah. Hal ini berdasarkan hadits Aisyah RA yang diriwayatkan Al-Bayhaqi.


“Sunnahnya aqiqah adalah dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk anak perempuan. Daginnya  dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Kemudian dimakan (oleh keluarganya), dan juga disedekahkan pada hari ketujuh”.

(Hadits Riwayat al-Bayhaqi)


Dalam kitab Minhajul Muslim karya Syaikh Jabir Al Jaza’iri, beliau menjelaskan bahwasannya yang boleh menikmati menu atau daging aqiqah adalah ahlul bait, lalu daging kemudian disedekahkan dan dihadiahkan.

Adapun yang dimaksud dengan daging aqiqah yang dianjurkan untuk disedekahkan adalah menu aqiqah dapat diberikan kepada orang-orang yang yang berhak.
Orang-orang yang berhak adalah orang-orang yang secara finansialnya kurang beruntung. Jadi daging aqiqah bisa diberikan diberikan kepada anak-anak panti asuhan, anak-anak jalanan dan lain sebagainya.

Sementara yang dimaksud dengan dihadiahkan adalah menu aqiqah tersebut bisa diberikan kepada tetangga, saudara, sahabat, kerabat kerja dan lain sebagainya. Dihadiahkan berbeda dengan disedeqahkan, sebab daging aqiqah dihadiahkan kepada orang yang secara finansial dianggap sudah berkecukupan.

Seperti itulah ulasan mengenai pembagian daging aqiqah. Semoga bermanfaat dan selamat melaksanakan aqiqah.


Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas


Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik Aqiqah Al Kautsar

 Instagram : aqiqahalkautsar


Tag : Artikel
Back To Top