Layanan Catering Aqiqah Bantul Terbaik yang Direkomendasikan Warga Bantul

Harga Domba Aqiqah Jogja Al Kautsar


Harga Domba Aqiqah Jogja Al Kautsar



Harga Domba Jogja

Apakah Anda adalah orang tua yang sedang ingin melaksanakan ibadah Allah berupa aqiqah? Bingung mencari tahu harga-harga hewan yang harus dikorbankan saat aqiqah nanti? Jangan khawatir, artikel ini akan mengulas tentang harga domba.

Mengetahui harga domba sangat penting agar Anda tidak terkena biaya yang mahal saat membelinya. Observasi harga itu sngat diperlukan mengingat tidak jarang banyak pedagang yang ‘curang’ dalam memberikan harga.

Tapi sebelum mengetahui harga-harga hewan aqiqah, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu, apa saja jenis hewan yang disembelih saat aqiqah. Selain itu Anda juga harus mengetahui syarat-sayarat hewan yang harus dijadikan sembelihan saat aqiqah.


Jenis Hewan untuk Aqiqah
  1. Jenis hewan yang dipebolehkan untuk aqiqah adalah dari jenis hewan mamalia kecil seperti kambing, domba dan biri-biri. Tidak diperkenankan menyembelih ayam, itik ataupun angsa. Juga tidak ada perinyah menyembelih sapi, kerbau ataupun unta.
  2. Untuk kategori jenis kelamin hewan yang disembelih boleh berjenis kelamin jantan ataupun betina. Baik jenis kelamin betina atau jantan adalah sama saja dan tidak ada masalah.
  3. Umur hewan yang disembelih untuk aqiqah sama halnya dengan yang ditetapkan dengan umur hewan qurban, yakni: Untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau setahun kurang sedikit. Adapun untuk kambing umurnya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga.
  4. Hewan yang yang disembelih untuk aqiqah haruslah hewan yang sehat dan bagus, tidak diperkenankan menyembelih hewan yang cacat dan sakit.

Adapun untuk masalah jenis kelamin yang tidak dipermasalahkan, di mana boleh menyembelih domba jantan atau betina adalah sebagaimana hadits di bawah ini.

“Untuk bayi laki-laki adalah dua ekor kambing, dan untuk bayi perempuan adalah satu kambing, dan tidak memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan atau betina.”

(Hadits Riwayat Ashhabus Sunan, dan dishahihkan oleh Syeikh Al-Albany).


Syarat Domba dan Kambing Aqiqah yang Sempurna

Disyariatkan dalam Islam bahwa hewan aqiqah adalah dari jenis domba atau kambing. Untuk usia hewan aqiqah menurut umumnya, ulama menyamakan dengan persyaratan hewan qurban yakni hewan yang sudah melewati setahun.

Jika memang domba atau kambing belum melewati setahun, maka usia minimal adalah enam bulan yang bila dicampur tidak terlihat bedanya. Syarat selanjutnya adalah dilihat dari segi kesehatan.
Hewan yang disembelih untuk aqiqah adalah hewan yang sehat dalam artian tidak buta walaupun sebelah, tidak boleh pincang yang nyata, kurus kering, terpotong ekor atau telinga lebih dari sepertiganya.

Hewannya sudah ompong giginya dikarenakan sudah berusia lanjut atau sakit, lumpuh dan gila sehingga hewan tersebut tidak dapat digembalakan.
Ya, syarat hewan aqiqah juga tidak boleh cacat di mana tanduknya patah, gigi lepas dalam masa pergantian, bulu rontok, sakit ringan dan luka kecil.

Nah, dari syarat-syarat hewan yang disembelih untuk aqiqah tersebut, tentunya harus dilaksanakan oleh umat muslim. Tentu tidak mau kan jika aqiqah Anda tidak sah di mata agama? Oleh sebab itu carilah domba atau kambing yang sesuai dengan syariat Islam.
Jika Anda ingin mencari domba yang sesuai dengan syariat Islam, maka laman kami adalah solusi yang tepat. Harga domba dari kami sangat terjangkau, yakni berkisar Rp. 1.150.000 hingga Rp.1.700.000

Harga-harga domba tersebut sudah disesuaikan dengan berat badan domba. Jadi dengan harga yang terjangkau tersebut Anda sudah bisa membawa domba untuk aqiqah anak Anda.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas.

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik Aqiqah Al Kautsar.

Klik Whatsapp
Klik Instagram 

Telp (Phone/SMS/WA): 0274 530 7684 atau 0812 2234 6099
Telp/ SMS via XL Axiata 0819 3266 1699
Telp/ SMS/ WA via Telkomsel 0812 2234 6099
Telp/ SMS/ WA via Indosat 0858 68986 999

Alamat Kantor: Jl. Kaliurang Km 4,5 Tawangsari CT II D 2 Yogyakarta
Gmaps: Telusuri
Tag : Artikel
Back To Top